Faktor yang penting yang harus dimiliki dalam melakukan permainan Bola Basket

 

Faktor yang penting yang harus dimiliki dalam melakukan permainan Bola Basket - Tinggi badan, kelincahan, kekuatan otot lengan, dan penguasaan keterampilan teknik dasar bolabasket adalah faktor yang penting yang harus dimiliki siswa dalam melakukan permainan bolabasket. Seseorang yang memiliki tinggi badan yang best dalam permainan bolabasket, akan lebih mudah dalam melakukan teknik-teknik bermain bolabasket seperti shooting, rebound, mengeblok tembakan dari lawan, dan lain sebagainya.


Jika pemain bolabasket memiliki kemampuan kelincahan yang baik, maka ia akan mempunyai kemampuan untuk mengubah arah dan posisi tubuh dengan cepat dan tepat pada waktu bergerak, tanpa kehilangan suatu
 
keseimbangan dan kesadaran sikap tubuhnya, sehingga seorang pemain dapat menerobos menghindari hadangan dari lawan agar bisa memasukkan bola ke dalam ring basket. Kaitannya dengan kekuatan otot lengan, kekuatan otot lengan dapat membantu pemain dalam melakukan taking pictures atau tembakan dari jarak jauh. Agar biasa melakukan permainan bolabasket, setiap individu dituntut untuk biasa memahami dan melakukan teknik dasar bermain bolabasket seperti: passing, dribbling, dan shooting. Setiap individu memiliki tingkat  keterampilan yang berbeda tergantung  usaha  yang  dilakukannya. Keterampilan yang baik berawal dari usaha dan latihan yang dilakukan.

  • Tinggi Badan
Tinggi badan adalah ukuran posisi tubuh berdiri (vertikal) dengan kaki menempel pada lantai, posisi kepala, dan leher tegak, pandangan rata-rata air dada dibusungkan, perut datar, tarik nafas beberapa saat
Tinggi badan merupakan unsur yang penting dalam permainan bolabasket.tinggi badan adalah jarak maksimal dari vertex ke telapak kaki, cara mengukur adalah subyek menanggalkan alas kaki, berdiri tegak membelakangi batang pengukur vertikal, kemudian tumit rapat, punggung, dan bagian belakang kepala menyentuh batang pengukur vertikal, dan pandangan rata-rata air.

Permainan bolabasket tujuannya adalah  memasukkan  bola  ke dalam ring, oleh karena itu dalam permainan bolabasket dibutuhkan postur yang tinggi untuk memudahkan setiap pemain dalam bermain permainan bolabasket, sehingga seorang pemain basket yang berbadan tinggi akan mencapai ring basket lebih mudah dibandingkan dengan yang berbadan pendek. Tetapi tinggi badan bukan satu-satunya faktor yang mempengaruhi keterampilan bermain bolabasket.

  • Kelincahan

Kelincahan adalah kemampuan untuk mengubah arah dengan cepat pada waktu bergerak dalam kecepatan yang tinggi. Sajoto mengatakan bahwa kelincahan adalah kemampuan untuk mengubah  arah  dengan  cepat dan tepat, selagi tubuh bergerak dari satu tempat  ke  tempat  lain. Jadi dapat disimpulkan bahwa pemain bolabasket yang mempunyai kelincahan baik, maka ia akan mempunyai kemampuan untuk mengubah arah dan posisi tubuh dengan cepat dan tepat pada waktu bergerak, tanpa kehilangan suatu keseimbangan dan kesadaran akan sikap tubuhnya.

Dalam permainan  bolabasket  kelincahan sangatt menentukan agar bisa menerobos menghindari hadangan dari lawan agar bisa memasukkan bola ke dalam ring basket.

Dalam cabang olahraga kelincahan merupakan  komponen  fisik yang mendasar, sehingga kelincahan merupakan faktor penentu dalam cabang olahraga.

kelincahan pada dasarnya adalah gerakan yang merupakan perpaduan dari kecepatan dan gerak berubah arah.
 
a.    Jenis jenis tes kelincahan adalah:
  • Lari bolak balik (shuttle run)
Tes ini bertujuan untuk mengukur kelincahan lari  dan  mengubah arah.
  • Squart Trust
Tes ini bertujuan untuk mengukur kecepatan merubah posisi tubuh dengan sasaran laki-laki dan perempuan usia 10 tahun ke atas.
  • Dogging Run
Tes ini bertujuan untuk mengukur kemampuan merubah arah berlari dengan sasaran laki-laki dan perempuan usia 10  tahun  ke atas.
  • LSU Agility Obstacie Course
Tes ini bertujuan untuk mengukur kemampuan merubah arah berlari dan posisi dengan sasaran laki-laki dan perempuan usia 10 tahun ke atas.
  • Hexagonal Obstacle
Tes ini bertujuan untuk mengukur kelincahan,  keseimbangan dan kooordinasi, dengan sasaran laki-laki dan perempuan usia  10 tahun ke atas.
  •  Side Steping Test
Tes ini bertujuan untuk mengukur kelincahan bergerak kearah samping kanan dan samping kiri.

b.    Bentuk latihan untuk mengembangkan kelincahan

latihan untuk agilitas antara lain adalah sebagai berikut: Lari bolak-balik (shuttle run), lari belak- belok (zig-zag), squart thrust, lari rintangan (obstacle run),  dot  drill, three corner-drill, down-the line drill dan lain-lain. hakikat kelincahan ialah kemampuan seseorang bergerak dengan cepat dan tepat tanpa kehilangan keseimbangan dan masih bisa berlari lagi ataupun mengubah arah.
  • Kekuatan Otot Lengan
Pengertian kekuatan itu sendiri menurut Akros Abidin (1999: 73) adalah kemampuan otot untuk membangkitkan tegangan terhadap suatu tahanan. Kirkendal memberikan penjelasan bahwa kekuatan menggambarkan kemampuan otot untuk berkontraksi secara maksimal yang dihasilkan oleh otot atau sekelompok otot. Sedangkan menurut Hartmann bahwa kekuatan adalah kapasitas seseorang dalam  menggunakan aktivitas otot untuk melawan atau mengatasi tenaga (daya) yang datang dari luar dirinya sendiri. kekuatan otot lengan adalah kemampuan seseorang untuk mengerahkan daya semaksimal mungkin untuk mengatasi sebuah tahanan.

kekuatan otot adalah kemampuan sekelompok  otot untuk melawan beban dalam suatu usaha.
Seorang pemain bolabasket harus mempunyai kekuatan yang besar karena kekuatan dalam permainan bolabasket sangatt diperlukan seperti melakukan passing dan menerima passing, selain itu kekuatan juga membantu dalam melakukan tembakan, apalagi jika tembakan dilakukan dari jarak 3 level facet tentunya kekuatan yang dibutuhkan semakin besar agar memperoleh hasil yang diinginkan. Kekuatan kelompok-kelompok otot terbagi lagi menjadi berbagai bagian, salah satunya adalah kekuatan otot lengan yang berperan dalam mobilitas pada pergerakan persendian lengan. Untuk meningkatkan kekutan otot lengan pemain  bolabasket  dapat dilakukan dengan pull-up (menggantung dengan angkat tubuh) dan push up.

Berdasarkan uraian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa  kekuatan otot lengan ialah kemampuan seseorang dalam menggunakan aktivitas otot untuk mengatasi tenaga atau beban yang  datang dari  luar saat melakukan aktivitas. Jadi kekuatan otot lengan adalah kemampuan sebagian otot pada bagian lengan untuk mengatasi tahanan  yang  diberikan.
  • Keterampilan
Istilah terampil biasanya digunakan untuk menggambarkan tingkat kemampuan seseorang yang bervariasi. Dalam permainan bolabasket, keterampilan merupakan suatu hal yang penting yang harus diperhatikan oleh siswa. Setiap siswa harus menguasai keterampilan motorik dimana siswa dapat mengembangkan suatu pola gerak sehingga  gerakan  siswa  dapat  terkoordinasi, terorganisir, dan terintegrasi.

Subscribe to receive free email updates: