Cara mengoptimalkan kemampuan berenang untuk Pemula

Cara mengoptimalkan kemampuan berenang untuk Pemula - Perenang sering kali fokus pada kemampuan berenang secepat mungkin, bukannya berenang melewati air dengan gesekan sedikit mungkin, yang sebenarnya cara untuk menambah kecepatan Anda. Ingatlah bahwa yang dibutuhkan adalah keterampilan yang benar, tidak hanya kekuatan, untuk mengurangi jumlah gesekan tersebut. Ada banyak cara untuk mengurangi gesekan yang timbul, seperti memperbaiki keseimbangan Anda atau berenang dengan tubuh sepanjang mungkin.
 

Perbaiki keseimbangan. Ini merupakan cara yang jitu untuk mengurangi gesekan. Agar Anda terus seimbang, jaga posisi tubuh tetap horizontal saat Anda bergerak melewati air. Hal ini mengurangi jumlah air yang menghalangi jalan dan memperlambat Anda. Metode ini sangat penting khususnya untuk gaya bebas, di mana Anda harus menjaga diri agar tidak mengangkat kepala terlalu tinggi saat bernapas atau melihat ke depan Anda, yang mengganggu keseimbangan dan menyebabkan Anda menendang lebih kuat untuk menjaga keseimbangan yang terganggu karena posisi tubuh menjadi lebih berat ke bagian depan tubuh.

 


 

  • Untuk gaya dada dan kupu-kupu, metode ini sedikit berbeda karena posisi tubuh Anda tidak seimbang dengan sempurna.
  • Buat diri Anda sepanjang mungkin saat berada di dalam air, walaupun kedengarannya konyol. Semakin tinggi atau panjang tubuh Anda, semakin kurang pergolakan yang tubuh Anda hadapi sehingga semakin sedikit gesekan yang terjadi saat tubuh Anda bergerak melewati air. Contohnya, untuk mendapatkan tubuh setinggi mungkin saat melakukan gaya bebas, Anda harus pastikan lengan yang naik ke atas untuk masuk ke dalam air secepat mungkin saat sudah melewati kepala Anda. Selain itu Anda harus memanjangkan lengan sejauh mungkin sebelum mulai menekuknya ke bawah.
  • Jika tubuh Anda mengerut, bukannya memanjang dengan baik, Anda pun lebih sulit untuk bergerak melewati air.

  • Saat menendang, jangan sampai Anda memecahkan permukaan air atau menggerakkan kaki terlalu jauh di bawah garis tengah tubuh, semuanya kembali ke menjaga keseimbangan tubuh. Jika Anda tidak melakukannya, tubuh Anda akan hilang keseimbangan sehingga gesekan yang timbul semakin banyak saat tubuh bergerak melewati air.

  • Perbaiki dorongan tubuh Anda. Bukan berarti Anda harus memperbesar otot dan memperkuatnya bisa mungkin, tetapi pastikan Anda melatih mekanisme setiap gaya renang dengan baik sehingga Anda melakukannya dengan baik. Ingatlah bahwa sekitar 10% dari kecepatan renang Anda berasal dari kaki sementara sisanya datang dari lengan Anda, jadi Anda harus fokus kepada melakukan setiap gerakan dengan sebaik mungkin

  • Jangan takut untuk memutar dari satu sisi ke sisi lain dengan lebih jauh saat Anda menggerakkan lengan. Hal ini memungkinkan Anda untuk memanfaatkan otot-otot punggung yang besar dengan lebih baik. Selain itu Anda juga memanfaatkan kekuatan bahu Anda dengan lebih baik. Anda akan membutuhkan waktu untuk terbiasa berlatih, tetapi saat sudah terbiasa, Anda akan memiliki kendali yang lebih baik atas kekuatan tubuh dan kecepatan Anda.

  • Jangan lupakan otot-otot inti Anda. Otot-otot inti ini ada di punggung, pinggul, dan batang tubuh dan sangat penting untuk menggunakannya saat Anda memutar dari satu sisi tubuh ke sisi lain. Anda akan berenang dengan lebih baik dan lebih cepat jika memanfaatkan otot-otot tersebut, walaupun mungkin pada awalnya akan terasa sedikit aneh saat Anda lebih fokus memanfaatkan otot inti ketimbang lengan dan kaki.
  • Agar bisa memaksimalkan kecepatan, Anda harus memastikan bahwa tangan Anda lurus dengan lengan bagian bawah dan menghadap ke belakang. Hal ini mempermudah Anda untuk menggerakkan lengan ke belakang. Anda mungkin pernah mendengar teknik ini sebagai excessive elbow seize dalam gaya bebas, karena Anda harus menjaga siku Anda di atas kepala untuk bisa menguasai teknik ini.

  • Untuk bisa berenang secepat mungkin, Anda harus berusaha menjaga posisi kepala netral sepanjang melakukan gerakan. Jika posisi kepala dijaga seperti ini, jumlah gesekan yang timbul berkurang dan gerakan yang Anda lakukan pun menjadi lebih efisien. Jika kepala Anda tidak berada di tengah, Anda akan cenderung bergerak ke salah satu sisi dan tidak akan berenang seefisien mungkin. Bisa jadi posisi kepala yang salah menjadi alasan kenapa Anda "tenggelam", karena posisi pinggul dan kaki Anda berada rendah daripada yang seharusnya. Anda harus melihat ke bawah, alih-alih ke atas, supaya tubuh Anda berada dalam posisi tetap horizontal saat melakukan gaya bebas. Jaga agar leher rileks supaya kepala dan mata Anda mengarah ke bawah dan hal ini memungkinkan bagian tubuh bagian bawah berada lebih tinggi saat di dalam air.

  • Regangkan jari-jari saat berenang. Dengan meregangkan jari-jari sedikit, alih-alih menempelkannya satu sama lain, Anda pun menciptakan "jaring tak terlihat" dari air yang bisa membantu Anda untuk mengerahkan gaya sebesar 53% lebih banyak! Jarak best di antara jari adalah 20-40% dari diameter jari.

Subscribe to receive free email updates: