Latihan Dasar Gaya Dada untuk Pemula

Latihan Dasar Gaya Dada untuk Pemula - Teknik ini pada dasarnya terdiri dari tiga gerakan sederhana. Pertama-tama, tendang kedua kaki ke belakang. Setelah itu, meluncurlah sedikit serta tarik badan dengan lengan Anda. Jika rajin latihan, Kalian akan mampu berenang gaya dada dalam waktu singkat. 

Renang gaya dada merupakan gerakan yg memperlukan kekuatan. Gaya ini dikenal paling lambat sebab fokus mutlak Kalian merupakan meminimalkan resistansi, bukan sekadar bergerak secepat mungkin. Renang gaya dada sangat keren bagi orang yang singkat serta kekar. Jika Kalian ingin menguasai gaya ini dengan baik, Kalian wajib membangun otot tubuh

Regangkan leher, lengan, panggul, serta kaki selama berada di dalam air. Ada tak sedikit tutorial untuk meregangkan otot-otot ini, Misalnya, berdirilah dengan satu kaki serta tarik tumit yg terangkat hingga menyentuh bokong. Tahan posisi ini selama 10-15 detik, lalu regangkan kaki yg satu lagi. Ulangi pada setiap segi sebanyak tiga kali.

Latihan Dasar Gaya Dada


Regangkan kedua lengan dengan saling merapatkan jari-jari kedua tangan Anda, lalu dorong lurus ke depan dengan telapak tangan menghadap ke luar. Tahan posisi ini selama 15 detik, lalu naikkan kedua tangan ke atas kepala serta tahan selama 15 detik.

Putar panggul Kalian selama 10 detik, lalu putar pada arah sebaliknya juga selama 10 detik. Ulangi sebanyak 3 kali, lalu perbuat faktor serupa dengan leher Anda.

Posisikan diri agar sejajar dengan permukaan air dengan kedua lengan lurus di depan serta kaki di belakang. Ujung jari-jari kaki Kalian menunjuk ke dinding di belakang, serta jari-jari tangan menunjuk ke dinding di depan. Hadapkan telapak tangan ke bawah, serta lebarkan jempol keluar jadi hampir bersentuhan. Jarak antara jempol serta jari telunjuk wajib membentuk huruf “V”.

Pertahankan tubuh Kalian masih tinggi di dalam air serta kepala menghadap ke bawah menuju dasar kolam.

 Dorong dinding berbagai kali serta asumsikan posisi inti. Mengapunglah di posisi ini selama berbagai detik. Dengan demikian, Kalian akan terbiasa dengan sensasi tubuh ketika berada di posisi inti. [4]


    Kepit pelampung di antara kaki apabila rasanya Kalian akan tenggelam.

    Ulangi latihan ini hingga Kalian mahir melakukan posisi inti.

    Jangan tahan posisi lebih lama dari performa Kalian menahan napas.


Lakukan drill di lantai kering untuk melatih tendangan renang gaya dada. Bersandarlah pada dinding dengan tangan kiri. Tekukkan lutut kaki kanan, serta bawa tumit menuju bokong serta tekuk pergelangan tangan ke atas. Ketika kaki Kalian hampir menyentuh bokong, dorong kaki kanan ke samping sembari menjaga lutut serta pergelangan kaki masih ditekuk. Ketika kaki telah naik sebanyak 45 derajat, luruskan kaki serta arahkan jari-jari kaki menunjuk ke bawah, seusai itu kembalikan kedua kaki Kalian ke posisi awal.

Latih kaki kanan serta kiri dengan cara bergantian. Teruskan latihan ini hingga Kalian terbiasa dengan gerakannya. Kalau tidak, Kalian mampu melatih tendangan di dalam air dengan berpegangan pada papan pelampung serta semakin menendang di air kolam.

Awali tendangan dengan menunjuk kaki keluar tubuh Anda. Mulai dari posisi inti, serta putar pergelangan kaki jadi kedua kaki menunjuk keluar dari tubuh Anda. Setelah itu, bawa tumit Kalian hingga menyentuh bokong. Pada ketika yg sama, tekuk pergelangan kaki menuju tulang kering.

Sapukan lengan Kalian keluar tanpa menekuk siku. Awali dari posisi inti, lalu putar kedua telapak tangan ke luar. Dorong kedua tangan Kalian keluar serta agak turun ke bawah. Ketika kedua lengan Kalian membentuk huruf ‘Y’ dengan tubuh Anda, tekuk kedua siku serta bawa kedua tangan ke bawah serta belakang menuju lisan Anda. Dorong kembali tangan Kalian keluar, serta asumsikan posisi inti Kalian kembali.

Tarik napas pada setiap stroke. Ketika Kalian mengangkat kedua tangan menuju mulut, angkat kepala, leher, serta dada tahap atas Kalian keluar air untuk mengambil napas. Jangan hingga kedua tangan Kalian keluar dari air.

Keluarkan kepala Kalian dari air secukupnya untuk mengambil napas. Dengan demikian, gaya renang Kalian akan masih efisien. Embuskan napas melewati hidung alias lisan ketika kepala kembali masuk air. Jangan menahan napas agar Kalian tak tegang serta merusak renang gaya dada Anda.

Gunakan pelampung agar Kalian mampu mengapung serta melatih gerakan lengan. Pull buoy merupakan alat pelampung yg mampu dikepit di antara kedua paha serta menjaga kaki serta tubuh masih terangkat. Dengan demikian, Kalian mampu berfokus pada gerakan lengan.

Gabungkan semuanya. Mulai dari posisi inti, tarik kedua kaki Kalian menuju bokong. Tendang kaki ke belakang, lalu meluncurlah selama dua detik.  Dorong kedua lengan untuk membikin huruf ‘Y’, lalu tarik ke badan Kalian serta angkat kepala keluar air untuk luar biasa napas. Setelah itu,kembali ke posisi inti.

Subscribe to receive free email updates: