Cara memegang bola basket dengan baik supaya tidak terlepas

Cara memegang bola basket dengan baik supaya tidak terlepas - Ada beberapa teknik dasar yang harus dilakukan agar kamu dapat dengan mahir memainkan bola basket. Bagi para pemula, sebelum kamu dapat memainkan bola basket dengan memasukkannya ke dalam ring basket yang telah tersedia, kamu harus bisa terlebih dahulu tahu cara memegang bola basket itu sendiri.

Memegang bola basket tidak serta merta sama dengan cara memegang benda lain yang berbentuk bulat. Memegang bola basket memiliki cara atau teknik tersendiri yang harus kamu pelajari. Tujuannya tentu saja untuk memudahkan saat membawanya atau men-dribble, sehingga tidak mudah lepas dari genggaman.


Gerakan tangan dapat bervariasi saat memegang bola basket, namun semuanya dikondisikan terhadap kemampuan yang anda miliki. Jika teknik yang satu ini sudah dikuasai, maka anda bisa melanjutkan ke teknik yang lebih boost dalam permainan bola basket ini. Setiap cabang olahraga memiliki teknik-teknik dasar yang harus dikuasai agar bisa memainkannya dengan benar. Bagi seorang atlet khususnya, mereka harus menjalani beberapa tahapan pembinaan dan pelatihan. Dalam masa pembinaan dan pelatihan ini mereka diajarkan bagaimana cara melakukan teknik dasar tersebut dengan benar.

Meski tampaknya sesuatu yang sederhana dan sering disepelekan tetapi memegang bola basket tidak sembarangan, ada teknik yang harus dilakukan agar bola tersebut benar-benar berada dalam kontrol tangan kita dan tidak terlepas.

Macam Macam Cara Memegang Bola Basket

  • Mangkok Besar

Yakni tangan yang membentuk seperti mangkok besar pada sikap awalnya. Bola basket dipegang menggunakan kedua tangan sehingga akan membentuk seperti mangkok besar yang melindungi bola. Cara ini sangat tepat untuk menjaga bola karena memiliki kendali yang kuat pada bola.

  • Jari Jari Tangan

Cara memegang bola yang selanjutnya yakni dengan cara meletakan jari jari ke aspect bola membentang ke aspect tengah. Antara jari yang satu dengan yang lainnya diberikan jarak namun tidak terlalu jauh atau melebar. Jalur garis pada bola basket dapat mempermudah untuk melakukan teknik ini dengan lebih baik.

  • Meremas Bola

Selain ujung jari dan ibu jari, cara efektif untuk memegang bola yang kuat adalah dengan meremas bola dengan kuat sehingga bola tersebut akan lebih kuat di genggaman tangan. Cara ini juga cara paling aman untuk menjaga bola baik saat permainan offense maupun protection untuk menghindari turnover.

  • Satu Tangan

Memegang bola basket bisa dilakukan dengan satu tangan, biasanya teknik ini digunakan untuk menahan bola yang singkat dan ingin melakukan lemparan atau passing cepat dengan satu tangan. Memegang bola dengan satu tangan ini sangat riskan dilakukan oleh pemain yang tak memiliki kekuatan tangan yang baik, dan sangat baik untuk beberapa pemain bertangan besar yang ingin melakukan gerakan dengan sesimpel mungkin.



Subscribe to receive free email updates: