Pemula Masih takut Berenang ? Simak Cara Berenang Step by Step nya

Pemula Masih takut Berenang ? Simak Cara Berenang Step by Step nya - Renang adalah olahraga dengan waktu adaptasi yang lama, sebab tubuh manusia telah terbiasa untuk beraktivitas di darat dan jarang bergerak di dalam air. Selain itu, berenang juga melibatkan seluruh otot tubuh sehingga orang yang tak terbiasa akan mudah lelah.


Berenang memberikan banyak manfaat, mulai dari memperkuat otot, menjaga berat badan, hingga mencegah penyakit jantung. Namun, berenang juga memiliki kesulitan tersendiri dibandingkan jenis olahraga lainnya. Bagi Anda yang masih pemula, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar belajar berenang terasa lebih mudah.


Pemula Masih takut Berenang ? Simak Cara Berenang Step by Step nya
Cara Berenang Step by Step

1.  Hilangkan ketakutan Anda

Jangan berenang sendiri. Selalu berenang dengan seseorang yang jago berenang, atau kalau tidak beberapa orang lain.

Jangan memulai berenang di air yang bergerak. Jika Anda belajar berenang di laut atau sungai, Anda harus waspada pada gerakan air. Jika Anda harus belajar berenang dengan cara ini, pastikan Anda bersama dengan sesorang yang berpengalaman, dan pastikan untuk membaca cara keluar dari gelombang laut atau aliran sungai (di bawah).

Tetap berada di kedalaman yang bisa Anda hadapi. Saat Anda pertama kali belajar berenang, jangan masuk ke dalam air yang terlalu dalam untuk Anda berdiri. Dengan begitu, jika terjadi sesuatu, Anda hanya perlu berdiri dan bernapas biasa. #*Jangan pernah berenang di cuaca buruk. Berenang sewaktu hujan gerimis mungkin tidak apa-apa, tapi jika Anda melihat ada badai yang mendekat, segera keluar dari air. Aturan ini harus diikuti tidak peduli seberapapun Anda mampu untuk berenang.

Jangan berenang di air yang terlalu dingin. Gerakan anggota tubuh Anda untuk mengayuh bisa menjadi sangat sulit dilakukan jika Anda berada di air yang dingin.

2. Biasakan diri Anda untuk mengambang


Saat Anda di dalam air, berpeganglah pada ujung kolam renang, dan biarkan kaki Anda mengambang di belakang - kaki Anda seharusnya bisa mengambang dengan mudah. Berlatihlah melakukan hal ini pada perut dan punggung Anda hingga Anda merasa nyaman untuk membiarkan separuh tubuh Anda mengambang.
 

Cobalah mengambang dengan punggung atau perut Anda setelah Anda siap. Tetap berada di dalam air dangkal, sehingga Anda bisa berdiri jika Anda tidak bisa melakukannya. Mungkin akan terasa aneh saat telinga Anda berada di sekeliling air sementara hidung dan mulut Anda berada di udara, namun Anda akan segera terbiasa dengan hal ini. Untuk lebih stabil lagi, letakkan tangan Anda identity sudut yang tepat sehingga tubuh Anda berada dalam bentuk "T".


3. Jangan Panik


Ketika Anda tidak bisa menggerakkan anggota tubuh Anda - mengambang dengan punggung Anda. Jangan bergerak atau bernapas terlalu cepat; cukup berbaring dengan punggung selurus yang Anda bisa, dan biarkan air mengangkat Anda sementara Anda kembali menguasai diri. 


Saat Anda masih berada di air dangkal. ambil napas dalam dan masukkan wajah Anda ke dalam air. Perlahan-lahan keluarkan udara dari hidung Anda sampai Anda kehabisan napas, dan angkat wajah Anda dari air.

4. Jika Anda merasa tidak nyaman mengeluarkan napas dari hidung, Anda bisa menutupnya atau menggunakan penutup hidung dan mengeluarkan napas dari mulut.


5. Mengenakan kacamata renang dapat membantu Anda merasa lebih nyaman membuka mata di bawah air, dan mungkin membuat Anda mampu melihat lebih jelas juga. Cari sepasang goggles yang memiliki lingkaran berbusa di sekitar mata dan rendamlah di dalam air sehingga akan menempel pada kulit Anda. Kencangkan tali di bagian belakang kepala Anda sehingga ketat. 


Ada banyak cara untuk belajar berenang, tapi kuncinya adalah belajar mengambang dan bergerak ke depan. Jangan cemas apabila Anda belum berhasil, sebab beberapa orang memang memerlukan waktu lebih lama hingga mampu berenang dengan baik.

Selama belajar berenang, pastikan keamanan Anda terjamin. Belajarlah dengan bantuan instruktur atau dengan seorang teman yang mahir berenang. Jangan pernah belajar berenang sendirian, terutama jika Anda masih benar-benar pemula.


Ada banyak cara untuk belajar berenang, tapi kuncinya adalah belajar mengambang dan bergerak ke depan. Jangan cemas apabila Anda belum berhasil, sebab beberapa orang memang memerlukan waktu lebih lama hingga mampu berenang dengan baik.


Gaya kupu-kupu dan gaya bebas bisa membuat Anda maju dengan cepat, tapi Anda akan cepat merasa lelah. Sebaliknya, gaya dada dan gaya punggung relatif mudah karena Anda tidak harus repot mengatur napas, tapi keduanya tergolong lebih lambat.merasa lelah. Sebaliknya, gaya dada dan gaya punggung relatif mudah karena Anda tidak harus repot mengatur napas, tapi keduanya tergolong lebih lambat.


Subscribe to receive free email updates: