Tips Pemula adaptasi di kolam renang

Tips Pemula adaptasi di kolam renang - Adaptasi di Kolam renang atau Pengenalan air bagi pemula adalah suatu bentuk latihan dasar sebelum melakukan gaya renang. Aktivitas pengenalan air biasanya dilakukan kepada setiap orang yang ingin belajar renang. Aktivitas pengenalan air memiliki tujuan tersendiri. Tujuan dari aktivitas pengenalan air adalah.

  • Untuk membiasakan bergerak dalam air.
  • Agar perenang dapat merasakan pengaruh air terhadapan gerakan tubuh manusia.
  • Agar perenang dapat merasakan pengaruh ketika bernafas di dalam air.
  • Agar membiasakan diri mengontrol keseimbangan tubuh di dalam air.
  • Meningkatkan rasa keberanian ketika berada di dalam air.

 


Bentuk aktivitas pengenalan air dapat dilakukan dengan beberapa cara, diantaranya adalah.
 

  • Duduk di dalam air dengan posisi kepala tetap berada diatas permukaan air.
  • Berjalan di dalam air dengan menjaga keseimbangan tubuh.
  • Latihan pernafasan di dalam air dengan mengambil nafas di udara, kemudian masukkan kepala didalam air dan buang nafas didalam air.
  • Latihan mengapung di tepi kolam dengan posisi badan terlentang atau tengkurap. Latihan mengapung dapat dilakukan dengan menggunakan alat bantu atau berpegangan di dinding kolam. 
  • Berlatihlah menendang kaki Anda. Baik saat Anda mengambang dengan punggung atau masih berpegangan pada ujung kolam, Anda bisa berlatih menendang. (Untuk mengetahui seberapa jauh tiap tendangan bisa mendorong Anda, Anda bisa melatihnya menggunakan papan renang Dengan begitu Anda bisa fokus melatih tendangan Anda tanpa mengkhawatirkan tentang menjaga kepala Anda di atas air).
  • Lakukan tendangan mengipas. Arahkan ibu jari kaki Anda seperti penari balet, pertahankan sebagian besar kaki Anda lurus, dan gerakkan kaki Anda saat Anda menendang. Anda akan bisa merasakan pergelangan kaki Anda melengkung.
  • Lakukan tendangan cambuk. Pertahankan kedua kaki Anda berdekatan dari pinggul hingga lutut, dan dari lutut hingga pergelangan kaki. Tekut lutut Anda sehingga tulang kering Anda terangkat dengan sudut sekitar 90 derajat, kemudian dengan cepat gerakan tulang kering Anda ke arah yang berlawanan, dan gerakkan keduanya secara memutar, sedangkan paha Anda tetap saling berdekatan selama itu. (Yaitu, membuat gerakan setengah lingkaran dengan masing-masing kaki, menggerakkan kaki kanan Anda ke kanan dan kaki kiri ke kiri.) Bawa tulang kering Anda ke bagian dasar lingkaran dan angkat keduanya lagi untuk kembali menendang.
  • Lakukan tendangan eggbeater. Tendangan ini biasanya digunakan untuk menginjak air, dan mempertahankan diri dalam posisi vertikal dengan kepala dan pundak Anda di atas air. Mulailah dengan menekuk lutut Anda dan kaki terbuka sedikit lebih lebar dari pada panggul Anda. 
  • Kemudian "jejakkan" kaki Anda seperti mengayuh sepeda, hanya saja kedua kaki berlawanan arah, saat satu kaki menjejak maju, kaki lainnya menjejak mundur. Cara ini butuh latihan agar biasa, namun bisa digunakan untuk "beristirahat" saat kaki Anda tidak bisa menyentuh dasar kolam.
  • Lakukan gaya dada terlebih dahulu. Mengambang lurus dengan punggung dan lakukan tendangan mengipas. Dengan tangan Anda, lakukan gerakan "merayap", angkat satu lengan lurus ke udara dan lurus juga saat kembali masuk ke air di sebelah kepada Anda. Setelah lengan Anda masuk ke air, tekuk untuk membuatnya lurus di samping Anda, dan ulangi. Gerakkan lengan Anda bergantian saat bernang, dan coba pertahankan jari-jari Anda tetap rapat dan tangan Anda selurus mungkin.
  • Lalukan frontstroke (juga dikenal dengan gaya bebas atau American crawl)/ Mengambang dengan perut Anda, lakukakn tendangan mengipas dengan kaki Anda dan gunakan lengan Anda untuk "merayap" ke depan. Angkat satu tangan ke atas air sehingga "mengarah" ke depan, kemudian masukkan kempali, dan gunakan tangan Ainda untuk "mendorong" air di belakang Anda. Ambil napas di bawah tangan yang sama, sehingga Anda bernapas sekali setiap dua gerakan.
  • Gunakan tangan Anda untuk mengangkat tubuh dari bawah. Jika Anda berada di bawah air dan ingin ke atas, gunakan tangan untuk mengangkat tubuh Anda. Letakkan kedua tangan Anda lurus di atas kepala Anda, dan gerakkan dengan cepat ke bawah di samping tubuh Anda. Hal ini bisa mengangkat tubuh Anda beberapa inchi. Ulangi hinga Anda naik ke permukaan.




Subscribe to receive free email updates: