Pemula Wajib Tahu Persiapan Pertama Kali Belajar Berenang

Pemula Wajib Tahu Persiapan Pertama Kali Belajar Berenang - Belajar berenang mungkin terasa mudah alias susah bagi orang-orang dewasa. Meskipun mampu memahami konsep lebih baik dari anak-anak, orang-orang dewasa tak jarang kali terganggu oleh rendahnya rasa percaya diri dan ketidakpastian. Mereka memedulikan penampilannya dikala mengenakan baju renang jadi setengah-setengah dalam belajar. Kunci menanggulangi persoalan ini ialah dengan mendalami dasar-dasar renang, membuatkan kepercayaan diri, dan merasa enjoy berada di dalam air. 


Pilih baju renang yg terasa nyaman, pas, dan membikin Kalian mudah bergerak. Baju renang tak boleh lepas dikala melompat ke kolam. Tinggalkan bikini berhias dan celana pantai besar Kalian di rumah. Untuk belajar renang, Kalian memperlukan pakaian yg streamline (melancarkan ajaran udara dan air) dan tak menghambat gerakan. 



Kenakan topi renang. Perlengkapan ini akan melindungi rambut dari klorin dan membikin tubuh menjadi lebih streamline dan mengurangi tekanan air. Jika Kalian mempunyai rambut panjang, ikatlah terlebih dahulu, kemudian selipkan masuk topi renang. 


Beli kacamata renang yg keren dan tak bocor. Air yg memasuki mata akan mengganggu renang Anda. Pilihlah kacamata yg pas dan enjoy di mata. Jangan pakai kacamata renang yg menutupi hidung dan mulut. Kalau memungkinkan, coba kacamata renang di toko sebelum membeli. Kalau tak bisa, pilihlah kacamata renang yg tahap jembatannya (bridge) mampu disesuaikan. Dengan demikian, ukurannya mampu dipaskan. Jika Kalian menderita miopia (rabun mata), sebaiknya beli kacamata renang minus alias plus (tetapi harganya lebih mahal). Kalian mampu menonton instruktur lebih terang dan membikin sesi renang menjadi lebih menyenangkan. 


Biasanya, perlengkapan seperti pelampung, papan renang, dan kaki katak (flipper) akan menolong para perenang awam untuk mendalami beberapa sudut renang. Jika guru renang Kalian merekomendasikan perlengkapan ini, sebaiknya Kalian memilikinya. 


1. Biasakan wajah Kalian untuk berada di dalam air. Pastikan Kalian telah mengenakan kacamata renang. Pada titik ini, Kalian mampu mengatur ukuran kacamata renang dengan merapatkan tali pengikat jadi tak bocor.


Jika Kalian belum merasa enjoy masuk ke kolam renang, coba berlatih di semangkuk air hangat. Ukuran mangkuk wajib dua kali besar kepala Anda.


2. Latih menghirup dan mengembuskan napas. Pertama-tama, tarik napas dalam-dalam melewati mulut, lalu masukkan wajah ke air. Embuskan perlahan-lahan melewati mulut, lumayan untuk mencegah air masuk ke ekspresi Anda.


Sebagian perenang suka mengembuskan napas melewati hidung dan mulut. Silakan menggunakan tutorial ini apabila terasa lebih enjoy bagi Anda.


3. Relakslah dikala membawa ekspresi keluar air untuk bernapas dan memasukkan wajah ke air.


4. Fokus dibagian dasar kolam. Walaupun Kalian belum berenang, metode ini ialah tutorial latihan yg bagus. Hal ini menjaga tubuh tetap tegak dan lurus. Jika Kalian menahan kepala agar tak keluar air, badan akan miring ke atas dan menciptakan hambatan. Dengan demikian, Kalian akan lebih susah berenang.Sebagian perenang bahagia mengenakan sumbat hidung agar mampu bernapas lebih baik di dalam air.


5. Masuklah ke air dan gerakkan lengan dengan cara menyamping. Kalian akan mencicipi hambatan dari tekanan air, dan bahkan mulai menggerakkan tubuh Anda. Menggerakkan kedua lengan ke samping akan membikin tubuh Kalian berputar. Menekan lengan ke bawah akan menaikkan tubuh Anda. Menggerakkan kedua lengan ke belakang akan memiringkan tubuh Kalian ke depan. 


6. Bergeraklah agak dalam ke air, pada ketinggian yg tetap memungkinkan Kalian berdiri. Pastikan kepala Kalian berada di luar air. 


7. Berpeganglah pada dinding dan mulai naik turunkan tubuh Anda. Gunakan kedua kaki untuk mendorong lantai kolam, dan jangan lupa bernapas melewati ekspresi hidung Anda. 


8. Turunkan tubuh ke air dan lepaskan tangan dari dinding. Dorong lantai kolam dengan telapak kaki jadi tubuh Kalian naik, lalu pegang kembali dinding kolam. Kayuh dan tendang selama naik ke permukaan air. 


9. Terus berlatih hingga Kalian merasa enjoy berada di dalam air tanpa memegang pinggiran kolam. 


10. Biasakan wajah Kalian berada di dalam air dan meregangkan tubuh. Usahakan untuk mengurangi ketergantungan kepada pelampung dan tak ketakutan dikala masuk ke air. Kalian bahkan mampu berenang sedikit sebelum naik ke permukaan air. Selagi di air, sebaiknya Kalian mengutamakan untuk meregangkan tubuh di permukaan, mengayuh, menendang, bernapas, dan relaks.  


Subscribe to receive free email updates: